polaslot138
polaslot138
polaslot138

Asosiasi Streaming Video Diresmikan, Siap Perangi Pembajakan Film

Asosiasi Streaming Video Diresmikan, Siap Perangi Pembajakan Film

Jakarta

Asosiasi Streaming Video Indonesia (Avis) diresmikan. Harapannya, pelaku industri video streaming semakin kuat melawan pembajakan film.

Avisi terdiri dari Cinema Online, CubMu, Klik Film, Max Stream, Mola, Vidio, Vision+, Viu, Genflix, Netflix dan Prime. Sekjen Avisi, Ajeng Parameswari yang merupakan Presiden Sinema Online mengatakan, Avisi diprakarsai oleh para pelaku industri streaming dan diharapkan menjadi wadah kolaborasi yang mengedepankan orisinalitas.

Ketua Avisi, Hermawan Sutanto mengatakan, Avisi memiliki beberapa target mulai dari riset konten, advokasi dan diskusi dengan pemerintah selaku regulator, serta misi kolaboratif, seperti forum berbagi ilmu dan sumber daya. Namun, target utama mereka adalah pendidikan dan pertempuran publik pembajakan film.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Edukasi untuk menonton konten resmi. Jika penonton bersedia membayar untuk tontonan legal, industri akan berkembang,” kata Hermawan dalam keterangan pers di Visinema, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pembinaan Industri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Syaifullah Agam berharap Avisi dapat mensosialisasikan kreasi dan apresiasi tayangan legal untuk menekan pembajakan. Streaming video Mudah-mudahan bisa menampung film-film yang sejauh ini belum terlayani di bioskop.

“Saya harap ini membangun kreativitas dan apresiasi untuk mengurangi pembajakan. Kreator juga semangat membuat konten yang bagus. Film adalah lokomotif yang menarik industri lain dari pariwisata hingga kuliner,” kata Syaifullah.

Melalui daring, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan pun mengapresiasi pendirian Avisi. Dengan maraknya industri digital dan generasi Z semakin sering menonton konten digital, asosiasi streaming video semakin dibutuhkan.

“Ini juga akan mendongkrak industri konten film. Saya harap kita bisa cepat tanggap dan industri film maju,” ujarnya.

Simak Video “Penayangan Film Ilegal Jamur Bikin Sineas Marah”
[Gambas:Video 20detik]

(fay/fyk)