polaslot138
polaslot138
polaslot138

Intel Tinggalkan Chip Designer Andalan, Ada Apa?

Intel Tinggalkan Chip Designer Andalan, Ada Apa?

Jakarta

Raja Koduri lima tahun yang lalu pergi amd dan bergabung dengan Intel sebagai Kepala Arsitek. Sekarang dia telah mengundurkan diri Intel untuk mengembangkan perusahaan AI.

Koduri merupakan sosok berpengaruh di divisi AMD Radeon, yang ia tinggalkan pada September 2017. Sebulan kemudian, ia bergabung dengan Intel dan membantu mengembangkan kartu grafis Arc. Pada April 2022, dia dipromosikan menjadi Wakil Presiden Eksekutif Intel.

CEO Intel Pat Gelsinger mengumumkan pengunduran diri Koduri melalui akun Twitter-nya. “Terima kasih @RajaXg atas banyak kontribusi Anda pada teknologi dan arsitektur Intel, terutama untuk chip grafis berperforma tinggi yang akan menjadi tiga lini produk baru pada tahun 2022,” tulis Gelsinger di akun @PGelsinger.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Koduri mengundurkan diri sebelum jajaran GPU Arc tampaknya memiliki taji untuk menantang para pesaingnya dari Nvidia dan AMD. Namun Intel baru-baru ini merilis driver baru untuk meningkatkan performa Arc, sekaligus mendiskon harganya.

Chip grafis bukan satu-satunya proyek yang sedang dikerjakan Koduri. Ia juga mengerjakan akselerator blockchain pertama Intel, seperti dikutip detikINET dari Techspot, Jumat (24/3/2023).

Setelah mengundurkan diri dari Intel, Koduri akan membuat perusahaan perangkat lunaknya sendiri yang berfokus pada kecerdasan buatan generatif. Perusahaan yang belum disebutkan namanya ini akan bekerja pada perangkat lunak AI generatif yang akan bekerja pada chip Intel, AMD, Apple, dan bahkan chip RISC-V yang akan datang.

Menurut Koduri, AI Generatif memiliki potensi besar, terutama untuk video game dan efek visual. Pasalnya, AI jenis ini bisa membuat gambar dari perintah dalam bentuk teks, seperti Midjourney.

Koduri menjanjikan bahwa perangkat lunak yang ia buat membebaskan pengguna untuk menggunakan platform apa pun, dan target utamanya adalah seniman, dan berjanji tidak memerlukan pengetahuan teknis yang rumit untuk menggunakan AI ini.

Simak Video “Bongkar Industri Senjata Legal, Intel Palsu Disupply!”
[Gambas:Video 20detik]

(asj/fyk)