polaslot138
polaslot138
polaslot138

Menhub Batasi Pergerakan Truk Tronton Selama Mudik Lebaran

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya bakal membatasi pergerakan truk yang mempunyai 3 sumbu roda/gardan atau tronton selama mudik lebaran 2023.

Jakarta, CNNIndonesia

Menteri Perhubungan (Menteri Perhubungan) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan membatasi pergerakan truk 3 gardan atau tronton dalam perjalanan pulang. Idul Fitri 2023.

Menurut dia, hal itu harus dilakukan untuk menghindari kemacetan di jalan tol dan jalan arteri. Pasalnya, tronton kerap membawa banyak barang sehingga melaju dengan kecepatan rendah hingga 60 km per jam.

Selain itu, ukuran tronton juga besar sehingga jalanan menjadi sempit. Budi menilai hal itu bisa menghambat pemudik.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Makanya kami akan umumkan hari apa (truk tronton) tidak boleh menggunakan jalan yang sudah ditentukan,” kata Budi dalam konferensi pers, Jumat (24/3).

Budi juga mengatakan ada pengecualian untuk truk tronton yang mengangkut bahan bakar, ternak, pupuk, pengiriman uang, sayuran, sepeda motor untuk pemudik, serta makanan dan minuman.

Namun, dia tidak merinci kapan dan di jalan mana larangan itu akan diterapkan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus mudik akan jatuh pada 21 April atau sehari menjelang Lebaran. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 25 April atau H+2 setelah Lebaran.

“Melihat tingginya potensi pergerakan masyarakat pada masa mudik tahun ini, kami bersama pemangku kepentingan terkait akan menyiapkan langkah-langkah antisipasi,” kata Budi dalam keterangan resmi yang dirilis, Senin (6/3).

Dia memperkirakan, jumlah pergerakan pada puncak arus mudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang akan mencapai 17,7 juta orang atau 14,3 persen dari perkiraan pergerakan orang pada musim Lebaran 2023.

Budi mengatakan prakiraan pergerakan tersebut berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT). Penerbangan mudik diperkirakan mulai meningkat mulai H-3 Lebaran alias 19 April 2023.

Sementara itu diperkirakan pergerakan arus balik relatif tinggi hingga H+3 Lebaran, sama dengan 26 April. Berdasarkan hasil survei, sumber pergerakan masyarakat akan mendominasi dari Pulau Jawa hingga 77,3 juta orang atau 62,5 persen.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/sfr)

[Gambas:Video CNN]